Percobaan pertama Dulche De Leche

Dulche De Leche…. keren kan namanya :p

Apa itu Dulche De Leche ?

Dulce De Leche itu nama lainnya adalah susu caramel. Susu kental manis yang dipanaskan hingga menjadi caramel. Arti dari dulce de leche sendiri adalah susu permen atau permen susu. MenurutWikipedia, dulce de leche populer di Amerika Selatan, terutama di Paraguay, Peru, Argentina, Chile, Uruguay, Brazil, Kolombia, Bolivia dan Venezuela. Mengutip dari cetakan kue

Perkenalan saya dengan Dulche De Leche, saat di FB, di posting oleh, mba Nila Ummu Hamzah.
Saya yang kebetulan penyuka karamel, saos karamel, permen karamel, coklat karamel, langsung menaruh rasa penasaran.

Dan terwujudkan pada hari ini, tanggal 25 Juni 2014.

Cara membuatnya macam macam, ada yang di buka kalengnya, ada yang sedikit di lobangi kalengnya, dan saya memilih yang paling mudah, tanpa di buka, tanpa di aduk, dan cukup di rebus selama berjam jam.

Dan…. beginilah tadi tata cara ku mempraktekkan Dulche La Leche…

1. Pertama tama, siapkan skm, konon katanya paling bagus merk carnation, adapun saya, kali ini pakai yang frisian flag.

image

2. Di buka bungkusannya, ga lucu kan kalau kaleng beserta kertasnya di rebua sekalian :3. Bisa juga kalau ga suka dengan kaleng, skm nya di pindahkan ke jar / toples kaca / toples selai.

image

3. Di rebus selama 3/ 4 jam, dan takaran airnya, harus kalengnya sampai kelelep, konon katanya, kalau airnya lebih tinggi dari si kaleng, bisa meleduk. Dan, ini yang perlu di jaga, jangan sampai kehabisan air. Kalau mau lebih cepat bisa menggunakan presto, sehingga lebih singkat, bisa cuma 2 jam.

image

4. Jika sudah selesai masa perebusannya, kompornya jangan lupa di matikan. Dan……..perhatian…. kalau bisa tunggu sampe si kaleng susu kental manis yang bermetamorfosa menjadi susu karamel muanis ini sampai dingin, sebelum di buka.

*sedikit curhat, tadi saat selesai masa perebusannya, saya ga sabar untuk mencoba, walhasil saat kaleng di buka, qodarallah isinya meletup, alhamdulillah alaa kulli hal, hanya tangan yang kenna.

image

Isinya meletup keluar, mendarat di lantai dan di tanganku beberapa tetes

5. Silahkan pindahkan isi kaleng ke jar, berhubung diriku belum punya jar khusus, saya pindahkan ke toples bekas selai.

image

Mestinya tadi 2 kaleng, biar muat se jar :3

6. Selamat menikmati susu karamelnya :p rasanya seperti permen alpenliebe. Bisa sebagai olesan roti tawar, cake, dll. Adapun saya, tadi coba coba mencampurkannya dengan juice wortel, dan buat kakak, rasanya…lumayan lah.

image

Sedikit cerita, kenapa warna karamelnya kurang coklat ?
Tadi saya sempat melanggar resep karena kurang sabar, sebenarnya nyais berhasil, hanya saja saya mencukupkan merebusnya hanya 2 jam, walhasil karamelnya kurang kental. 

Posted from WordPress for Android

One thought on “Percobaan pertama Dulche De Leche

  1. Berarti bisa ya mbak kalo susu yang mau direbus diletakkan dalam toples kaca? Gak apa2 kalo toples kacanya ikut direbus jg?

Leave a comment