10 langkah untuk kehamilan yang sehat

IMG_8890-8.JPG

1. Ke dokter atau bidan sesegera mungkin

setelah mengetahui Bunda sedang hamil, sesegera mungkin untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk mengatur perawatan Bunda. Bunda akan mendapatkan nasihat yang baik untuk kehamilan yang sehat sejak awal. Bunda juga akan memiliki banyak waktu untuk mengatur setiap scan ultrasound dan tes yang mungkin Anda butuhkan.

2. Mengatur porsi makan dengan baik

Makanlah makanan dengan gizi seimbang yang sehat selama kehamilan. Cobalah untuk mengatur makanan dengan gizi seimbang :
Setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Makanan yang mengandung karbohidrat, seperti roti, pasta dan nasi, sebagai dasar makanan Bunda. Pilih karbohidrat gandum daripada putih, sehingga Bunda mendapatkan banyak serat.
Lengkapi Porsi harian dari protein, seperti ikan, daging tanpa lemak, telur, kacang-kacangan atau kacang-kacangan, dan beberapa susu dan produk susu.
Dua porsi ikan dalam seminggu, setidaknya salah satunya dalam bentuk minyak. Ikan dikemas dengan protein, vitamin D, mineral dan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 yang penting bagi perkembangan sistem saraf bayi Anda.

Bunda tidak perlu makan untuk dua kali lipat ketika sedang hamil. Bunda tidak perlu kalori ekstra untuk enam bulan pertama kehamilan. Dalam tiga bulan terakhir Bunda akan membutuhkan sekitar 200 kalori ekstra per hari. Bunda dapat menjaga tingkat energi Anda dengan camilan sehat.
Lihat kembali perencanan makan kehamilan kami untuk setiap trimester.

3. Minum suplemen

Suplemen vitamin kehamilan bukanlah pengganti untuk diet seimbang. Tapi mereka dapat membantu jika Bunda khawatir Bunda tidak makan dengan gizi yang seimbang, atau Bunda tidak begitu kuat untuk makan banyak.

Pastikan suplemen bunda berisi 400 mikrogram (mcg) asam folat. Mengambil asam folat mengurangi risiko bayi mengembangkan cacat tabung saraf seperti spina bifida.

Juga, periksa bahwa suplemen Anda berisi 10mcg vitamin D. Vitamin D penting untuk kesehatan tulang bayi Anda di masa depan.

Bicaralah dengan dokter atau apoteker sebelum mengambil suplemen kehamilan. Jika Anda tidak mengambil multivitamin untuk wanita hamil, Anda dapat membeli asam folat dan suplemen vitamin D secara terpisah.

Jika Bunda tidak makan ikan, suplemen minyak ikan dapat membantu. Pilih suplemen yang terbuat dari tubuh ikan, bukan hati. Hal ini karena minyak hati ikan (seperti minyak ikan cod) mungkin berisi bentuk retinol vitamin A, yang tidak dianjurkan pada kehamilan.

4. Hati-hati menjaga kebersihan makanan

Ada beberapa makanan yang tidak aman untuk di makan pada saat kehamilan. Hal ini karena mereka bisa membawa risiko kesehatan bagi bayi Bunda.

Listeriosis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri listeria. Sangat jarang dan biasanya tidak menimbulkan ancaman bagi kesehatan Anda. Namun, hal itu dapat menyebabkan kehamilan atau kelahiran komplikasi. Listeriosis bahkan dapat menyebabkan keguguran.

Makanan berikut mungkin pelabuhan listeria dan begitu juga sebaiknya dihindari, semisal pate jenis apapun, susu yang tidak dipasteurisasi dan
makanan siap saji.

Bakteri listeria dihancurkan oleh panas, pastikan Bunda memanaskan makanan siap secara menyeluruh.

Salmonella dapat menyebabkan keracunan makanan.

Akan tetapi bunda boleh memakan unggas yang matang.

Apakah aman untuk makan telur setengah matang atau mentah selama kehamilan?
Telur di masak sampai putih dan kuning padat.

Bunda harus benar-benar memastikan mencuci peralatan, talenan dan tangan Anda setelah menangani unggas mentah.

Kebersihan makanan terutama penting sekarang Bunda sedang hamil. Toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit. Ini juga jarang, tetapi dapat mempengaruhi bayi yang belum lahir Bunda.

Bunda dapat mengurangi risiko Anda menangkap dengan:
memasak daging dan siap makanan secara menyeluruh, buah dan sayuran dicuci untuk menghilangkan tanah atau kotoran, dan mengenakan sarung tangan saat menangani kotoran kucing dan tanah kebun.

5. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur memiliki banyak manfaat bagi Bunda, biidznillah bisa:
Membangun kekuatan dan daya tahan. Ini dapat membantu bunda untuk mengatasi lebih baik dengan berat tambahan dari kehamilan dan kerja keras tenaga kerja.
Membuat bunda lebih mudah untuk kembali ke bentuk semula setelah melahirkan.
Meningkatkan semangat bunda dan bahkan membantu untuk menangkal depresi.

Beberapa latihan yang baik untuk kehamilan di antaranya :
1. jalan cepat
2. renang
3. Kelas kehamilan
4. yoga
5. pilates

Namun, jika olahraga tertentu Anda membawa risiko jatuh atau benturan, atau stres ekstra pada sendi, yang terbaik untuk berhenti.
Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda tidak yakin.

6. Mulailah melakukan latihan dasar panggul

Dasar panggul Bunda terdiri dari tempat tidur gantung otot di dasar panggul. Otot-otot ini mendukung kandung kemih, vagina dan bagian belakang. Mereka dapat merasa lebih lemah dari biasanya pada kehamilan karena tekanan ekstra pada mereka. Hormon-hormon kehamilan juga dapat menyebabkan panggul Anda mengendur sedikit.

Lemah otot dasar panggul menempatkan bunda pada risiko mengembangkan inkontinensia stres. Ini adalah ketika sejumlah kecil urin bocor keluar ketika bunda bersin, tertawa atau latihan.

Memperkuat otot-otot Bunda dengan melakukan latihan dasar panggul secara teratur selama kehamilan dapat membantu. Memiliki dasar panggul kencang dapat membantu kelahiran bayi Bunda berjalan lebih lancar juga. Bunda akan merasakan manfaatnya jika melakukan delapan dasar latihan panggul, tiga kali sehari.

7. Berhenti mengkomsumsi alkohol

Alkohol yang Anda minum dengan cepat mencapai bayi melalui aliran darah Anda dan plasenta.

Minum berat atau pesta minuman keras selama kehamilan berbahaya bagi bayi. Ibu yang minum alkohol lebih mungkin untuk melahirkan bayi dengan gangguan spektrum alkohol janin (FASD). Ini adalah masalah mulai dari kesulitan untuk cacat lahir yang lebih serius belajar.

8. Mengurangi kafein

Kopi, teh, cola dan minuman energi adalah stimulan ringan. Ada kekhawatiran bahwa terlalu banyak kafein dapat meningkatkan risiko keguguran. Ini juga berpikir mungkin bahwa terlalu banyak kafein dapat menyebabkan risiko memiliki bayi rendah berat lahir.

Pedoman saat ini menyatakan bahwa hingga 200mg kafein sehari tidak akan menyakiti bayi Anda. Itu setara dengan dua cangkir kopi instan.

Seperti alkohol, Anda dapat memilih untuk memotong kafein sama sekali, terutama pada trimester pertama. Tanpa kafein teh dan kopi, semua alternatif yang aman.

9. Berhenti merokok

Merokok selama kehamilan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, untuk Anda dan bayi Anda. Ini termasuk resiko peningkatan risiko:
keguguran
kelahiran prematur
berat badan lahir rendah
kematian ranjang (SIDS)
Merokok bahkan dapat berhubungan dengan hilangnya bayi saat lahir.

Merokok membuat komplikasi kehamilan berikut lebih mungkin:
Mual dan muntah (morning sickness).
Kehamilan ektopik.
Solusio plasenta, di mana plasenta berasal dari dinding rahim sebelum bayi Anda lahir.

10. Beristirahatlah

Kelelahan yang Bunda rasakan dalam beberapa bulan pertama adalah karena tingginya kadar hormon kehamilan yang beredar dalam tubuh Bunda.

Jika Bunda tidak bisa tidur di malam hari, cobalah untuk tidur siang cepat di tengah hari untuk mengejar ketinggalan. Jika itu tidak mungkin, setidaknya memasang kaki Bunda dan mencoba untuk bersantai selama 30 menit.

Jika sakit punggung yang mengganggu tidur Bunda, cobalah berbaring di sisi kiri dengan lutut ditekuk. Menempatkan bantal berbentuk tulang bawah benjolan Bunda dapat membantu meringankan ketegangan pada punggung Bunda.

Olahraga juga dapat memberikan beberapa bantuan dari sakit punggung. Ini dapat membantu dengan masalah tidur, terlalu, selama Bunda tidak berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

referensi dan di terjemahkan dari :

http://www.babycentre.co.uk/a536361/10-steps-to-a-healthy-pregnancy#ixzz3biNMVbpm

One thought on “10 langkah untuk kehamilan yang sehat

Leave a comment